Kemudahan Membayar Pajak Kendaraan

 
Kendaraan bermotor saya ber plat W alias asal kota Sidoarjo, Jawa Timur. Dua minggu lagi pajak kendaraan tersebut habis masa pajaknya. Berhubung saya bekerja di Pamekasan dari Senin sampai dengan Jumat, maka hanya hari Sabtu tersisa jika ingin membayar pajak di Sidoarjo. Namun hari Sabtu samsat hanya buka setengah hari.




Untungnya ada kemudahan bagi samsat wilayah Jawa Timur bisa membayar pajak kendaraan bermotor tahunan di samsat mana saja (bukan ganti plat 5 tahun-an). Cukup dengan menunjukkan STNK asli dan KTP asli. Kebetulan kendaraan tersebut atas nama saya jadi tak ada masalah.

Samsat Pamekasan beralamat di Jalan Wachid Hasyim Nomor 11 Pamekasan. Saya datang relatif pagi sekitar pukul 8.15 WIB. Setelah parkir kendaraan di dalam komplek samsat, saya segera menuju ke halaman depan. Di sana telah disambut beberapa petugas berseragam (hari Senin seragam berupa kemeja lengan panjang biru muda) yang menanyakan keperluan pengunjung lalu membantu memberikan formulir pendaftaran bahkan mengisikan datanya lalu diarahkan ke loket pendaftaran. Segera setelah dicatat di buku besar, pengunjung lalu diarahkan ke ruang pelayanan dalam dan ditunjukkan Loket I (Pendaftaran dan Penetapan). Di depan loket 1 terdapat keranjang plastik tempat berkas, saya dipersilahkan memasukkan kartu pendaftaran, KTP, dan STNK.

Setelah menunggu sekitar 20 menit, nama saya dipanggil Petugas Loket II (Pembayaran, Pengesahan dan Penyerahan). Setelah menyerahkan sejumlah uang yang disebutkan petugas, saya menerima bukti setor pajak, KTP, lalu STNK, serta bukti pembayaran parkir berlangganan untuk kendaraan roda empat berupa stiker seharga Rp25.000,- Secara umum, pelayanan di samsat lancar dan jelas prosedurnya. Terdapan Loket khusus untuk Manula dan Ibu Hamil. Di ruang tunggu terdapat pojok khusus bagi ibu yang hendak menyusui bayinya.

Pembayaran pajak online Jatim memudahkan pemilik kendaraan daam memenuhi kewajiban membayar pajak saat harus bekerja/berada di luar domisili. Hal ini patut diapresiasi.

Komentar

Postingan Populer