Bebek Songkem H. Salim di Sampang





Olahan bebek merupakan favorit keluarga kami, salah satu yang spesial adalah Bebek Songkem H. Salim. Beberapa depotnya terdapat di Sampang, misalnya di Jalan Agus Salim Nomor 34 (depan Hotel Rahmat). Di depot ini terdapat dua menu yaitu bebek dan ayam. Kedua uanggas tersebut diolah dalam bentuk kukus maupun goreng.

 

Walaupun terdapat menu ayam, namun keluarga kami selalu memesan menu bebek terutama yang dikukus. Harga perekor bebek kukus sekitar Rp 60.000,- sedangkan jika pembeli menginginkan bebek digoreng cukup menambah Rp 5.000,- Kami lebih suka menu yang kukus karena bumbunya masih berasa segar, sangat berbeda dengan bebek gorengnya (bumbunya luntur di penggorengan sehingga kurang nendang, selain itu kandungan minyaknya juga kurang bagus untuk kesehatan).

Menurut beberapa artikel yang saya baca, bebek yang dibumbu pedas dan dibungkus daun pisang tersebut dikukus selama 3 jam sehingga empuk dan bumbunya meresap. Dagingnya sangat mudah dilepas dari tulangnya namun tidak hancur. Cocok disantap dengan nasi hangat dan ditemani segelas jeruk nipis hangat. Rasanya sungguh pedas, saking pedasnya bahkan jika kita makan menggunakan tangan maka tangan masih berasa pedas panas setelah cuci tangan pakai sabun).
Bebek songkem ini sudah buka di beberapa kota. Silahkan dicoba.

Komentar

Postingan Populer