Berburu Sekolah (buat) Anak

Saat ini orang tua yang punya anak kelas IX alias kelas 3 SMP  sedang sibuk mencari sekolah buat anaknya, termasuk saya sendiri. Padahal pengumuman lulus unas SMP baru dilaksanakan tanggal 10 Juni 2015.

Sebenarnya anak saya sudah mendapat kursi masuk SMAN 1 Pamekasan dari jalur prestasi (menang salah satu lomba yang diselenggarakan sekolah tersebut). Namun anak saya memilih untuk sekolah di Sidoarjo atau Surabaya.

Alasan memilih sekolah di Sidoarjo karena domisili dan KTP kami adalah Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan alasan memilih sekolah di Surabaya adalah mengejar mutu sekolah yang (relatif) lebih baik dan informasi bahwa sekolah SMA/sederajat di Surabaya gratis (karena ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah daerah). Lumayan banget kan...(walaupun dibatasi oleh kuota 1 % bagi pendaftar luar kota Surabaya). Tidak ada ruginya mencoba peruntungan. Jadwal pendaftaran SMA Surabaya sekitar bulan Juli 2015.



Beberapa waktu lalu kami sudah survey ke SMAN 1 Sidoarjo, namun ternyata pendaftaran baru dibuka tanggal 3 Juni 2015 serta tes/ujian masuk pada tanggal 6 dan 8 Juni 2015. Jadwal  pengumuman penerimaannya tanggal 15 Juni 2015.


Kemarin anak saya sudah mendaftar dan memperoleh 2 pilihan sekolah, dengan pilihan kedua di SMAN 1 Taman (dengan alasan akses ke lokasi paling terjangkau dari rumah kami).
Semoga si sulung mendapat hasil terbaik, Amin.

Komentar

Postingan Populer