Gemar (Mem-)baca Kompasiana



Sejak bulan Juli 2015 saya suka sekali membaca artikel yang ditulis di www.kompasiana.com. Pemicunya karena saya ikut lomba penulisan opini di rubrik Perbendaharaanesia yang menjadi bagian dari kompasiana.

Alasan lain karena tulisannya beragam, up to date, beberapa di antaranya lucu dan out of the box. Walau beberapa di antaranya kadang isinya mirip-mirip karena membahas kejadian yang lagi hangat dibicarakan misalnya soal pertemuan anggota DPR (Fadli Zon, Setya Novanto, dan kawan-kawan) dengan si konglomerat Donald Trump (..eh..tulisannya bener ga ya...).

Artikel yang dimuat oleh si admin memang berasal dari masyarakat luas (istilahnya netizen...). Jadi oleh warga untuk warga. Walaupun tidak ada honornya namun setiap hari selalu muncul tulisan-tulisan baru. Beberapa di antaranya akan mendapat predikat highligh, sedangkan sebagian kecil diberi label headline. Di beranda kompasiana juga ada tulisan yang menjadi tren di mesin pencari google. Sangat menarik untuk dibaca. Ada juga lomba untuk blogger (dan tentu ada hadiahnya, misalnya berupa uang tunai) seperti yang disponsori oleh salah satu produsen smartphone terkenal.

Testimoni beberapa penulis menyatakan mereka menemukan kebahagiaan tersendiri dengan aktif berkontribusi pada kompasiana. Misalnya menemukan hoby baru, membuat rumah tangga menjadi lebih tenang (karena jarang ngerecokin sumi/anak saat waktunya banyak tersita untuk menulis), jadi lebih hemat (karena jarang nongkrong ke tempat hiburan atau keluyuran yang tak tentu arah).

Oke kawan...terus jelajahi dunia maya...mari terus mencari berbagai ilmu yang bertebaran...dan pada akhirnya diri sendiri yang menjadi ‘penyaring’ informasinya.

Komentar

Postingan Populer