Tanaman Cantik dan Banyak Manfaat


Pojok meja kerja saya terlihat cantik dengan adanya empat pot tanaman hias. Baru sekitar 2 minggu saya merawatnya, kebetulan ada mobil penjual tanaman hias yang berjualan ditotoar depan kantor.

Dengan uang Rp 28.000,- saya mendapatkan keempatnya. Terdiri atas 2 pot tanaman rosemary, seledri, dan satu bunga kuning (tidak tahu namanya, mirip bunga matahari versi mini). Sebagai pemanis saya memetk beberapa jenis bunga soka yang banyak tumbuh di taman kantor, lumayan ditancapkan di pot jadi bisa tahan berhari-hari. Lumayan menyejukkan mata yang lelah karena keseringan menatap layar monitor.

Seledri sebenarnya salah satu jenis sayuran yang biasa diolah sebagai sup maupun diiris sebagai bahan taburan saus atau masakan lainnya. Berikut adalah manfaat kesehatan dari daun seledri seperti dilansir dari magforwomen.com (yang dimuat pada  http://www.merdeka.com/sehat/10-manfaat-mengejutkan-mengonsumsi-seledri-untuk-kesehatan.html)
1.     Seledri merupakan sumber vitamin A dan juga zat besi lainnya seperti zat besi, kalium, dan mineral.
2.     Banyak sayuran yang akan kehilangan vitaminnya setelah dimasak. Namun seledri berbeda. Kandungan vitamin seledri akan tetap utuh sebesar 80% walaupun telah dimasak.
3.     Seledri bermanfaat untuk para atlet, karena nutrisi seledri dapat mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang.
4.     Apabila Anda merasa gerah karena sinar matahari, Anda dapat mendinginkan tubuh dengan jus seledri.
5.     Seledri dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis dan makanan yang dapat membuat berat badan tubuh Anda bertambah.
6.     Seledri dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga agar ginjal Anda tetap berfungsi dengan baik.
7.     Seledri mencegah pembentukan batu di kantung empedu dan juga dapat menghindarkan Anda dari sembelit.
8.     Seledri juga baik untuk menghindarkan Anda dari kanker perut.
9.     Seledri akan menenangkan sistem saraf Anda dan juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi.
10. Akar seledri efektif untuk mengembalikan nafsu makan Anda yang hilang.

Catatan: namun perlu diperhatikan agar Anda tidak memanaskan kembali masakan yang mengandung seledri karena akan bersifat racun.

Tanaman rosemary yang berdaun kecil-kecil dan runcing seperti jarum itu berbau khas (mirip-mirip minyak telon atau minyak kayu putih). Kalau berbunga nanti warnanya ungu dan putih (lihat di internet..hehehe). Di luar negeri biasa dijadikan penambah cita rasa masakan dan obat herbal. 

Iseng-iseng saya mencari tahu ke google dan muncul salah satu tulisan yang mengupas  manfaat tanaman rosemary sebagaimana dimuat di http://www.teruskan.com/32101/9-manfaat-kesehatan-si-wangi-rosemary.html  adalah:
1.    Baik Sebagai Anti Bakteri
Rosemary dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang berperan untuk melawan bakteri yang menyebabkan sakit perut. Selain itu juga memiliki kandungan sifat anti bakteri yang melindungi Anda dari infeksi staph.
2 . Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Pencernaan yang buruk akibat makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan diare, sembelit, gangguan pencernaan, kram perut, perut kembung dan masalah lambung lainnya.
Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menggunakan rosemary sebagai solusinya.
3 . Meningkatkan Kesuburan Rambut
Rosemary juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan rambut, membuatnya tetap panjang, dan indah.
Campurkan 1 sendok makan minyak rosemary, 2 sendok minyak almond lalu pijat kulit kepala Anda selama 20 menit setiap hari selama 6-7 bulan.
4 . Meningkatkan Sirkulasi Darah
Minyak rosemary dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Gunakan  ujung jari Anda yang telah dioleskan minyak esensial dan lakukan pijatan pada kulit kepala dengan gerakan melingkar untuk merasakan hasilnya.
5 . Membantu Fungsi dan Kerja Ginjal
Rosemary diketahui sebagai bahan alami yang mengandung diuretik karena membantu mengurangi kembung dan retensi air dalam tubuh Anda.
Rosemary biasa digunakan dan ditambahkan dalam membuat ramuan dalam diet karena akan meningkatkan  produksi dan aliran urine. Ini tentunya secara langsung juga akan membantu fungsi ginjal untuk membuang kelebihan air pada tubuh Anda sehingga membuat jumlah air pada ginjal berada pada sisi normal.
6 . Dapat Mengatasi Masalah Pernapasan
Selama bertahun-tahun, rosemary telah diyakini dapat membantu Anda  yang menderita masalah pernapasan. Menghirup aroma minyak rosemary membantu melarutkan pernapasan yang tersumbat seperti flu, pilek  alergi, iritasi tenggorokan dan sinus.
7 . Meningkatkan Memori dan Konsentrasi Otak
Rosemary secara signifikan dapat meningkatkan kinerja otak yang juga akan berpengaruh pada peningkatan konsentrasi dan kemampuan dalam hal daya ingat.
Tetapi penting juga Anda ketahui saat mengonsumsi terlalu banyak rosemary juga akan melemahkan fungsi kognitif Anda.
8 . Dapat Mencegah Kanker
Asam carnosol, asam ursolat carnosic dan asam rosmarinic yang ditemukan pada rosemary dapat mencegah atau menekan perkembangan tumor dan kanker di tubuh.
Selain itu juga mengurangi risiko kanker usus besar, payudara, perut, hati, sel melanoma dan sel-sel leukemia.
9 . Memperlambat Proses Penuaan
Karena memiliki sifat anti – inflamasi dan kandungan antioksidan, rosemary menjadi bahan yang banyak digunakan untuk krim anti – penuaan dan lotion. Tidak hanya merangsang regenerasi kulit, tetapi juga membuat dan meningkatkan kecerahan warna kulit secara keseluruhan.
Selain itu juga  membuat kulit lebih bercahaya dengan cara  mengoptimalkan sirkulasi darah.

Nah pemirsa...ternyata banyak ya manfaat tanaman di sekitar kita.

Komentar

Postingan Populer