Masjid Al Akbar Surabaya (MAS)

Sudah agak lama kami tidak berkunjung ke Masjid Agung kebanggaan warga Surabaya ini. Masjid yang terletak di daerah Menanggal ini mudah dikenali dari bentuk dan warna kubah yang hijau tosca, nampak dari kejauhan saat mendekati daerah Bundaran Waru. Lebih jelas lagi terlihat bagi para pengguna jalan tol Perak-Waru.
Menara masjid yang menjulang tinggi. Terdapat lift untuk pengunjung yang ingin melihat pemandangan Surabaya dari ketinggian.

 
Proyek pembangunan masjid ini telah dimulai dengan peletakan batu pertama tahun 1995 (ditandatangani prasastinya oleh Wakil Presiden saat itu yaitu Bapak Tri Sutrisno). Sedangkan peresmian dilakukan tahun 2000 (oleh Presiden Gus Dur).
Prasasti tersebut tertempel di dinding tempat pintu masuk utama masjid. Di dekat prasasti terdapat maket komplek masjid serta 'kenthongan'.


Berikut ini kami sertakan beberapa foto di sekitar masjid. Nampak pemandangan yang rapi, asri, dan menyejukkan mata.











Area parkir yang luas dan dihiasi aneka pohon dan tanaman hias menambah daya tarik area masjid. Tiap hari berjajar aneka kendaraan roda dua maupun roda empat menunjukkan aneka aktivitas pengunjung. Selain itu masjid juga menyediakan ruangan untuk resepsi pernikahan yang dapat disewa oleh warga Surabaya dan sekitarnya.

Aneka fasilitas masjid, misalnya sekolah dan tempat bermain.



Masjid yang diresmikan tahun 2000 ini mampu menampung ribuan jemaah shalat. Sangat ramai dikunjungi warga terutama di bulan ramadan (utamanya shalat tarawih).
Tiap kali waktu berbuka puasa, pengurus masjid menyediakan takjil/makanan berbuka puasa yang jumlahnya lumayan banyak, sebagai penyalur sumbangan masyarakat.

 


Berikut ini beberapa foto di bagian dalam masjid.

Foto  kubah masjid (dari dalam ruangan).


Aneka pilar di dalam masjid yang terlihat kokoh.

Deretan pintu dan jendela.

Pintu besar dengan hiasan ukiran berwarna emas.


Lantai masjid berupa marmer asal Lampung.






Mihrab yang sangat besar dan megah.





Komentar

Postingan Populer