Kothok Iwak Pe

 

Saya terinspirasi memasak ikan pari asap alias iwak pe karena pernah merasakan sayur berkuah santan dan pedas ini di Depot Podomoro Pamekasan.

Terus terang saya tidak tahu pasti apa bumbu masakan tradisional ini. Hanya bisa merasakan adanya sensasi rasa gurih, pedas, dan ada sedikit manis.

Karena sifatnya coba-coba, maka saya hanya memasak satu potong ikan pe (di tukang sayur sebelah rumah harganya Rp 8.000,-). Saya potong menjadi beberapa potongan kecil. Saya tambah dengan tempe satu buah ukuran sedang (juga dipotong agak kecil).

Saya membeli ikan pe sudah beberapa hari lalu (saya bungkus plastik bening), karena ditaruh di bawah freezer maka ketika saya keluarkan dari kulkas ikan itu sedikit membeku (ada butiran esnya). Untuk memudahkan memotong dan menghilangkan bau tak sedap (semacam bau agak pesing, perpaduan bau asap dengan bau ikan) maka potongan ikan saya rebus dulu dalam air mendidih dan airnya saya buang. Lumayan efektif menghilangkan baunya.

Bumbunya saya iris terdiri dari cabe hijau, bawang putih, bawang merah, tomat, cabe rawit merah, sedikit daun bawang dan ale (semacam kecambah dengan aroma mirip pete/jengkol). Bumbu iris tersebut saya tumis dengan sedikit minyak sayur. Setelah bumbu layu kemudian dituangkan air hingga mendidih lalu masukkan ikan dan tempe. Masukkan juga garam, gula pasir, dan sedikit kecap, tambahkan penyedap rasa atau masako/royco bila perlu.

Nah selain bumbu tersebut saya juga memasukkan sambal terasi (merek ABC, botolan) agar rasanya lebih mantap (oh..iya pemirsa, saya paling suka sambal tersebut karena bisa saya tambahkan di hampir semua masakan, misalnya nasi goreng, rendang, atau sekedar dicocol dengan aneka lauk goreng atau sayur yang direbus atau untuk penyetan, pokoknya serba guna banget..hehe). Setelah semua tercampur lalu masukkan santan (saya memakai santan sun kara ukuran kecil) aduk agar rata/tidak menggumpal. 

Setelah matang lalu pindahkan masakan ke wadah sayur dan bisa ditaburi bawang merah goreng...hmmmm cocok dimakan dengan nasi hangat plus kerupuk. Masakan tradisional, sederhana, namun lezat.

Komentar

Postingan Populer