KPPN Pamekasan Bersolek di Ultah ke 70 Kemerdekaan Indonesia




Persiapan HUT RI ke-70 ini suasana KPPN Pamekasan lebih semarak dengan lampu hias, spanduk, umbul-umbul, pita hias.


 Begitu masuk ke pintu gerbang KPPN Pamekasan, para tamu akan mendapati spanduk yang bertuliskan : Ayo Kerja adalah Solusi Menghadapi   MEA 2015 dan 70 Tahun Indonesia Merdeka.



Dari beberapa tulisan (di internet) saya coba mencari tahu tentang MEA 2015. Hasilnya antara lain sebagai berikut: MEA adalah singkatan dari Masyarakat Ekonomi Asean  dimana Indonesia menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang masuk wilayah perdagangan bebas (barang dan jasa), modal, investasi, serta tenaga kerja/ ahli.

MEA bisa dipandang sebagai sebuah ancaman bagi kestabilan ekonomi kita, misalnya persaingan dagang makin ketat karena bersaing bebas dengan produk negara lain di Asean (yang mungkin lebih bagus kualitasnya namun dengan harga lebih murah) maupun persaingan tenaga kerja profesional  (dimana SDM kita dipaksa bersaing dengan SDM  dari luar negeri) misalnya dokter, pengacara, akuntan, dan sebagainya.

Di sisi lain, MEA juga bisa dipandang sebagai peluang karena mencakup lebih dari 600 juta jiwa (merupakan pangsa pasar yang sangat besar). Diharapkan akan adanya sistem perdagangan yang lebih adil dan aman, menghindari pengenaan pajak ganda (sehingga barang/jasa lebih murah). Selain itu pertumbuhan ekonomi lebih baik dan merata dengan mengalirnya investasi antar negara Asean.

Diharapkan dengan adanya MEA bisa mendongkrak perekonomian Indonesia dengan cara kerja keras rakyat dan pemerintahnya. Semoga.

Komentar

Postingan Populer