Ayam Bekisar dari Pulau Kangean, Madura



Suatu hari saya terkejut karena ada suara ayam yang terus berkokok dengan merdu. Ternyata di halaman belakang kantor saya jumpai seekor ayam (jantan) yang berada di dalam sebuah sangkar bambu. Setelah tanya sana sini ternyata ada seorang kawan yang dititipi pesan untuk membelikan seekor ayam bekisar yang hendak di bawa ke Surabaya.

Ayam bersuara merdu itu dibeli dari Pulau Kangean, sebuah pulau kecil di dekat Kabupaten Sumenep, Madura. Pulau Kangen memang terkenal sebagai penghasil ayam bekisar (yang merupakan persilangan antar pejantan ayam hutan/ayam alas dengan betina ayam kampung).

Menurut informasi teman saya tersebut, harga ayam bekisar yang belum jadi (belum terlalu terlatih suaranya) biasanya berada di kisaran Rp 500.000,- hingga  1 juta rupiah. Namun bekisar yang telah jadi (biasanya sering mengikuti perlombaan) harganya lebih dari 3 juta rupiah.

Walaupun biasa dijadikan ayam aduan, namun beberapa penggemar satwa menjadikan ayam bekisar sebagai peliharaan yang dinikmati suaranya.


Komentar

  1. wih ternyata ayamku sdh di medsos, sekarang ayam tersebut sdh berada di kota malang...benar suara kokoknya merdu...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer