Bagaimana Cara Menikmati Drama/Film Korea?



Penulis ingin berbagai tips menikmati tayangan Korea terutama film dan drama. Semoga bermanfaat.
1.         Menonton drama di televisi
Televisi swasta Indonesia sering menayangkan serial drama Korea, baik drama lama maupun drama yang relatif baru. Misalnya The Heirs yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan My Love From The Star-nya Kim So Hyun. Kelemahannya adalah jam tayang yang terikat waktu (terutama bagi yang beraktivitas di luar rumah), banyak iklan, dan yang saya kurang sreg adalah di-sulihsuara-kan (dubbing) ke Bahasa Indonesia (lebih enak dengar Lee Min Ho pakai bahasa ibunya).
Pilihan lain yaitu berlangganan TV kabel, pilihlah paket yang ada TV/Channel Korea. Tentu sesuai namanya TV berbayar, sebagai gambaran kami memilih paket seharga Rp 200.000,- per bulan untuk dapat mengakses saluran SBS One, M Channel, Arirang TV, dan KBS World. Pasti Anda lebih puas menikmati tayangan drama terbaru. Namun ternyata tayangan untuk Indonesia dan sekitarnya ada beda beberapa waktu tayang (beberapa episode) dengan serial yang tayang di negara Korea. Drama yang ditayangkan akan diulang beberapa kali sehari, jadi jika Anda tidak bisa melihat tayangan pagi/siang, masih bisa lihat yang sore/malam. Bahkan ada beberapa drama yang ditayangkan di akhir pekan secara maraton. Biasanya subtitle/teks terjemahan dalam bahasa Inggris, bahkan beberapa ada yang disertai teks bahasa Indonesia.
2.         Membeli paket DVD drama yang lengkap 
Drama Korea rata-rata serinya tidak terlalu panjang, hanya sekitar 20 seri, walaupun ada beberapa yang sampai 50 bahkan 100 episode. Terus terang penulis belum pernah beli DVD yang original, hanya bisa membeli di mall (di Surabaya), seharga sekitar Rp 8.000,- per keping. Biasanya untuk untuk drama 20 episode membutuhkan sekitar 4 DVD. Jika kita membeli jumlah banyak, penjual akan memberi diskon sehingga per keping DVD seharga Rp 7.000,- (alias Rp 28.000,- untuk 1 serial drama). Anda bisa menikmati drama tersebut melalui DVD player, PC, maupun laptop. Telah dilengkapi subtitle dalam berbagai bahasa, terutama Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Koleksi drama umumnya mengikuti perkembangan drama di Korea (up to date). Selain drama asal negeri Korea, biasa toko tersebut juga menyediakan drama China/Taiwan, Thailand, Jepang, dan tentu saja India plus Hollywood.
Anda dijamin puas menikmati drama tersebut tanpa jeda iklan, dengan waktu sekehendak Anda. Namun dari pengalaman penulis, kadangkala dari sekian DVD ada yang tidak bisa diputar atau rusak. Biasanya penulis membuat perjanjian dengan toko penjual bahwa jika rusak bisa ditukar (mungkin karena sudah langganan). Dan harap maklum, karena bukan DVD original, maka setelah disimpan beberapa lama maka koleksi DVD tersebut lebih cepat rusak/tidak bisa diputar lagi. Agar lebih hemat, Anda bisa saling bertukar DVD (pinjam meminjam) dengan teman sesama penggemar drama Korea.
3.         Download drama di internet
Beberapa situs di internet berisi drama Korea. Selain youtube, anda bisa mencoba situs dramafever (ini yang lebih up date). Anda bisa menggunakan smarphone atau PC/laptop.
Kenapa sebaiknya di-download?? Walaupun anda bisa melihat tayangan di youtube, lebih enak disimpan (download) sehingga anda bisa melihatnya berulang-ulang. Tapi tentu saja siapkan paket data internet anda, sebagai gambaran 1 episode berdurasi 1 jam memerlukan data sekitar 300 MB. Penulis misalnya membeli paket data 4 GB (setara 4000 MB atau 13 episode drama) pada provider terkenal seharga Rp 50.000,-
Paling enak men-download drama saat ada free wifi di sekitar (gratis bu.....).
4.         Membaca Sinopsis Drama di Internet
Adakalanya suatu drama Korea yang ingin dinikmati tidak tersedia di toko atau situs youtube (biasanya drama lama/jaman dulu). Anda bisa cukup puas menikmati melalui sinopsis drama tersebut di beberapa blog pencinta drama Korea. Cari yang sinopsisnya lengkap serinya (diulas per episode) plus disertai gambar/capture tayangannya. Seperti membaca cerpen bergambar. Kadang penulis lebih menikmati membaca sinopsis daripada menonton drama/film-nya. Ketikkan saja kata sinopsis drama (judulnya) di mesin pencari google. Akan muncul beberapa alamat website/blog. Anda tinggal memilihnya.

Oke ya...selamat menikmati drama kesayangan Anda.

Komentar

Postingan Populer