Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri Bagian I



WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR DI WONOGIRI, JAWA TENGAH
(Bagian I)

Ini masih kisah seputar hasil perjalanan mudik ke kampung asal suami yaitu Wonogiri, Jawa Tengah.  Semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya yang ingin berekreasi ke sana.

Wonogiri adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terletak sekitar 32 km sebelah selatan kota Solo. Kota ini semakin terkenal setelah dibangunnya bendungan raksasa Waduk Gajah Mungkur.

 

Waduk Gajah Mungkur merupakan waduk terbesar di Jawa Tengah.  Dari pusat kota Wonogiri waduk bisa dicapai dengan kendaraan sekitar lima belas menit saja. Waduk ini diresmikan tahun 1978 dengan membendung aliran sungai Bengawan Solo. Dengan luas 88 km persegi meliputi tujuh kecamatan di wilayah kabupaten Wonogiri. Air dari waduk digunakan untuk  mengairi sawah di kabupaten Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen. Juga sebagai bahan baku air minum di kota Wonogiri dan sebagai sumber pembangkit listrik.


Bendungan serba guna Waduk Gajah Mungkur ini merupakan hasil pengorbanan sebagaian masyarakat Wonogiri demi pembangunan, karena 51 desa ditenggelamkan dan 60.000 jiwa rela ditransmigrasikan ke luar Jawa dengan sistem bedol desa.

Kami berkunjung ke Monumen Bedhol Desa  yang berada di  daerah Pokoh, berada  di dekat pintu air waduk.  Monumen itu dibangun oleh  Pemerintah Kabupaten Wonogiri untuk mengenang pengorbanan penduduknya yang dipindahkan transmigrasi ke Sitiung (wilayah Sumatera), karena tempat tinggalnya dibangunan untuk waduk Gajah Mungkur.

Komentar

Postingan Populer