Pantai Lombang, Madura



Wisata Pantai Lombang di Sumenep, Madura


 


Pantai Lombang adalah salah satu pantai yang terletak di kabupaten Sumenep, Madura. Dalam pelafalan Madura, pantai Lombang disebut 'lombheng'. Pantai ini tepatnya terletak di sebelah timur Sumenep, kira-kira 25km dari Kota Sumenep tepatnya di Kecamatan Batang-Batang dan merupakan salah satu wisata alam unggulan di Sumenep.


Untuk mencapai lokasi, wisatawan dapat memanfaatkan angkutan umum, persewaan mobil, atau  menyewa ojek   dengan  waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Untuk tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp 5 ribu ditambah biaya parkir kendaraan. 

Bila Anda berdomisili di luar Pulau Madura, Anda dapat menyeberang dengan kendaraan pribadi melalui Jembatan Suramadu atau melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Kamal, Bangkalan Madura dengan kapal ferry. Dari Bangkalan, Anda dapat menggunakan angkutan umum menuju Kota Sumenep. Alternatif lain dengan naik bus dari terminal Bungurasih dengan jurusan Surabaya-Sumenep.

Di pantai ini, selain deburan ombak yang cukup tenang dan pasir putih yang sangat halus, putih dan lembut sepanjang 12 kilometer. Wisatawan juga akan disuguhi dengan rimbunnya pohon cemara udang yang berjajar mengikuti garis bibir pantai.

Di sini, pohon Cemara Udang yang merupakan tumbuhan endemi. Tidak seperti cemara pada umumnya yang tegak, pada cemara udang membungkuk/merunduk sehingga menyerupai udang. Angin yang berhembus di bawah rerimbunan daun pohon cemara ini sangat menyegarkan. 
 
Bagi wisatawan yang senang berkemah, disini mereka dapat  mendirikan tenda di tempat yang telah disediakan. Belum tersedia hotel di sekitar pantai ini.  Apabila terpaksa harus menginap, wisatawan dapat memperoleh jasa hotel di Kota Sumenep.


 
Di pantai ini telah tersedia toilet, musola, serta kamar bilas bagi para pengunjung untuk membersihkan badan sehabis bermain pasir atau berenang. 

Jika ingin duduk-duduk santai, wisatawan dapat memanfaakan beberapa tempat duduk di gasebo ataupun warung-warung kecil di pinggir pantai yang menjual es degan/ kelapa muda serta rujak lontong. Di tengah teriknya matahari, rujak lontong yang lezat, serta segarnya es degan sangat cocok untuk dinikmati. 

Salah satu atraksi yang menarik adalah berjalan di sepanjang pantai dengan mengendarai kuda yang dapat disewa oleh pengunjung. Sedangkan oleh-oleh khas yang dapat dibeli adalah tanaman cemara udang dalam pot, dari ukuran kecil sampai ukuran besar, kabarnya harga tanaman tersebut relatif murah dibandingkan dengan penjual bunga di luar Sumenep.

Nah...selamat berwisata.




Komentar

Postingan Populer