Menara Zam-Zam, 'Big Ben'-nya Mekah



Jika melihat foto di atas, mungkin yang ada di benak orang awam adalah deretan gedung di Eropa. Namun ternyata bangunan tersebut terletak tepat di depan Masjidil Haram, Mekah. Dan yang paling menarik perhatian adalah jam raksasa yang berada di puncak gedung tinggi.

Jam tersebut sekarang menjadi salah satu ikon Kota Mekah, menjadi lokasi favorit jamaah untuk berfoto.

Jam Mekkah, yang kini merupakan jam terbesar di dunia, enam kali lebih besar dan jauh lebih tinggi dari Big Ben di London. Jam Mekkah di lengkapi sebanyak 21.000 bola lampu. Yang akan memancarkan cahaya hijau dan putih ketika Azan dikumandangkan. Dilengkapi juga dengan loudspeakers besar yang yang bisa di dengar  sampai jarak7 km.
Jam yang berada di atas menara Raja Abdul Aziz Endowment atau biasa disebut Menara Zam Zam dengan ketinggian sekitar 600 meter. Masyarakat di sekitar Mekkah bisa melihat jam ini dari keempat sisinya dari jarak 17 km di malam hari dan 11-12 km di siang hari. Ketika azan dikumandangkan sebagai  isyarat waktu sholat. Pancaran cahaya hijau putih bisa terlihat dari jarak 30 kilometer. Hal yang sangat bermanfaat bagi orang yang punya masalah dengan pendengaran, atau orang yang jauh dari masjidil haram. (sumber: kompasiana.com).

Komentar

Postingan Populer