Mengenal perjalanan haji (Bagian 2)



Tulisan ini sebagai kelanjutan dari artikel tentang perjalanan haji tahun 2013. 

 

 Keterangan: Suasana di dalam bis jamaah menuju Kota Mekah

Rombongan calon haji yang  tiba di Bandara Madinah segera diantar menuju pemondokan masing-masing (di sekitar Masjid Nabawi) untuk melaksanakan ibadah shalat arbain (40 waktu) atau sekitar 8 hari.
Setelah menyelesaikan ibadah shalat arbain, maka kloter kami (kloter 9) berangkat menuju ke Mekah untuk umroh wajib. Berangkat dari Hotel di Madinah sekitar pukul 5 sore dengan mengenakan pakaian ihram dengan menggunakan bis yang sangat nyaman.
Di perjalanan banyak warga setempat yang memberikan sedekah makanan dan minuman kepada rombongan calon haji  berupa kotak makanan berisi roti, coklat, kurma, coklat, jus buah, susu, dan air zamzam dalam botol. 

 


Kami berhenti di Masjid Bir Ali sebagai miqot (tempat mengucapkan niat untuk umroh dari arah Madinah) dan sholat sunah di sana.

Perjalanan ke Mekah sebenarnya hanya makan waktu sekitar 6 jam, namun kami tiba di sana setelah 8 jam karena rombongan sempat berhenti di sebuah rest area  untuk makan.

Sekitar pukul 02.00 kami tiba di hotel kota Mekah. Alhamdulillah kami mendapat penginapan berupa hotel setara bintang empat. Tiap kamar berisi 5-6 orang.
 

 
Keterangan Foto: Lobby Salah Satu Pemondokan Haji

Selesai menyimpan barang bawaan di kamar, pada pukul 3.30 rombongan berangkat menuju Masjidil Haram untuk umroh dengan berjalan kaki. Jarak dari hotel ke masjid sekitar 1,5 km.


Bersambung...

Komentar

Postingan Populer